Subud Symbol

-----

Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul Tentang Subud

-----

Daftar Pertanyaan Tentang Subud Yang Sering Ditanyakan Serta Jawabannya Inginkah Anda mengajukan pertanyaan yang tidak terdapat di sini? Kirimlah email, kepada kami, dan kami akan berusaha memuatkan jawabannya pada halaman FAQ ini.

Apakah arti nama Subud?
SUBUD merupakan singkatan SUSILA BUDHI DHARMA. SUSILA menunjukkan sifat insan yang memiliki tabiat manusia yang sempurna sesuai dengan kodrat Tuhan. BUDHI berarti bahwa di dalam diri manusia terdapat suatu daya luhur yang dapat membimbingnya bila ia mampu menginsyafi kehadiran daya tersebut. DHARMA melambangkan penyerahan manusia kepada Kebesaran Tuhan Yang Mahakuasa.

Apakah Subud sebenarnya?
Subud adalah persaudaraan yang terdiri dari orang yang berbakti kepada Tuhan melalui latihan kejiwaan Subud. Anggota-tersebar di seluruh dunia dan berlatar belakang kebudayaan beraneka ragam serta menganut berupa-rupa agama dan mazhab falsafah.

Apakah latihan kejiwaan Subud itu?
Latihan kejiwaannya adalah praktek rohani yang merupakan inti pati eksistensi Persaudaraan Subud. Dalam latihan kejiwaan Subud, si pelatih menyerah sepenuhnya kepada, membuka rasa dirinya kepada, dan mengalami kontak langsung dengan Kekuasaan Tuhan. Selama latihan berlangsung, si pelatih hanya mengikuti apa saja yang timbul dalam rasa dirinya dari saat ke saat. Pengalaman ini bersifat sangat pribadi, sehingga masing-masing pelatih akan mengalami hal-hal yang berbeda-beda. Karena apa yang diterima dalam latihan kejiwaan Subud bersifat sangat khas dan dalam, maka pengalaman-pengalaman para pelatih tidak mungkin digambarkan secara memuaskan dengan kata-kata.

Subud itu berasal dari mana?
Subud didirikan oleh almarhum Bapak R. M. Muhammad Subuh Sumohadiwijoyo. Bapak (panggilan akrabya di kalangan Subud) menerima latihan secara spontan pada tahun 1925, saat berumur 24 tahun.

Di mana tempat tinggal Bapak sekarang?
Bapak wafat di Indonesia pada tahun 1987, dalam umur 86 tahun.

Apakah tujuan latihan kejiwaan Subud?
Pertanyaan ini dijawab di lain tempat pada situs Web ini, namun secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan utama latihan kejiwaan Subud adalah memberdayakan kita, dengan menyerah kepada Kekuasaan Tuhan serta mengikuti petunjuk-Nya, agar lambat laun dapat mencapai keadaan kodrati kita yang sebenarnya sebagai manusia sempurna, atau insan kamil.

Apakah siapa saja diterima masuk Subud?
Asalkan calon anggota sudah mencapai umur 17 tahun, telah menjalankan masa percobaan selama tiga bulan guna mengerti asas dan tujuan Subud, dan tidak ada halangan apa-apa, maka barang siapa akan diterima sebagai anggota Subud.

Bagaimana kalau saya beragama? Apakah Subud cocok dengan agama?
Tentu saja. Yang menjadi anggota Subud sebenarnya segala macam orang. Ada yang beragama, ada yang belum. Oleh karena esensi Subud adalah kebaktian kepada Tuhan Yang Mahakuasa, maka tidak ada alasan untuk terjadinya konflik dengan agama Anda. Malah sebaliknya, banyak anggota Subud yang baru setelah mengikuti latihan kejiwaan mulai menghayati agamanya sendiri dan menghormati agama-agama orang lain.

Berapa sering dilakukan latihan kejiwaan Subud?
Selama beberapa bulan setelah dibuka, seseorang yang baru menjadi anggota dianjurkan melakukan latihan dua kali seminggu selama setengah jam. Bila sudah cukup terbiasa menerima latihan, dia akan dibenarkan berlatih tiga kali seminggu.

Apakah latihan dilakukan dalam kelompok atau seorang diri?
Latihan kejiwaan Subud dapat dilakukan baik dalam kelompok maupun sendirian. Bila keadaan memungkinkan, idealnya ialah berlatih dua kali seminggu dalam grup dan sekali seminggu seorang diri.

Apakah pria dan wanita berlatih bersama?
Tidak. Karena sifat pria dan wanita berbeda-beda, maka untuk menghindarkan gangguan atau pelanturan, latihan pria dan wanita dilakukan secara terpisah.

Apakah pelatih harus membayar untuk menerima latihan kejiwaan Subud?
Tidak dipungut bayaran untuk diterima sebagai anggota Subud. Namun, maklum Subud harus memikul berbagai ongkos. Oleh karena itu, diminta sumbangan sukarela dari para anggota, sesuai dengan kemampuannya, untuk, misalnya, menutup pengeluaran untuk komunikasi antar anggota dan untuk menyewa atau membeli tempat latihan.

Apakah di dalam Subud ada pemimpin?
Tidak ada pempimpin di dalam Subud selain Tuhan Yang Mahakuasa. Namun demikian, untuk melayani para anggota, diadakan dua badan yang berbeda tanggung jawabnya, tetapi saling mengisi, yaitu: Grup pembantu pelatih (anggota yang telah lama mengikuti latihan) pada tingkat lokal, nasional, dan internasional. Tanggung jawab pembantu pelatih meliputi keadaan para anggota, kehadiran pada latihan kelompok, penyampaian penjelasan tentang Subud kepada calon anggota, dan bertindak sebagai saksi pada pembukaan anggota baru. Grup yang dinamakan komite, juga pada tingkat lokal, nasional, dan internasional, yang bertanggung jawab atas kebutuhan Persaudaraan Subud sebagai organisasi.

Apa saja kebutuhan Persaudaraan Subud itu sebagai organisasi?
Di berbagai komunitas di seluruh dunia terdapat sebanyak 385 grup Subud. Komite-komite setempat mengusahakan sarana latihan. Di sebagian besar negeri tempat Subud berakar ada organisasi nasional yang mengadakan kongres berkala agar para anggota dapat baik bersilatulrahmi maupun berbakti bersama kepada Tuhan Yang Mahaesa. Semua organisasi nasional mengambil bagian dalam Asosiasi Subud Sedunia (World Subud Association, WSA) dan memilih direktur dan pejabatnya. WSA mensponsori kongres internasional yang diselenggarakan tiap empat tahun sekali. Pada tahun 1997 kongres tersebut akan diadakan di kota Spokane, Washington, Amerika Serikat. Kongres-kongres sebelumnya diadakan di Kolombia, Australia, Inggris, Kanada, Jerman, Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat.

Bagaimana saya dapat memperoleh informasi lebih banyak?
Anda boleh memilih antara
(a) membaca seluruh informasi pada situs Web ini dan kemudian berusaha menghubungi orang kontak terdekat melalui Halaman Kontak kami di sini atau
(b) mengirim surat kepada:

The International Subud Committee
Garrett Thomson,
839 Arbor St., Wooster, Ohio 44691, USA

Phone: +1-330-264 2549
email: isc at subud.org

Bila Anda lebih suka, silakan mengirim e-mail sekarang kepada kami melalui alamat: subudind @ dnet.net.id

-----

http://www.subud.com/bahasa